Select Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
use your language

Rabu, 05 Januari 2011

Psisos (kelompok dan norma kelompok)

Kelompok dan norma kelompok


1.      Pengertian ,ciri dan proses kelompok
Kelompok adalah kelompok individu individu yang saling mengadakan interaksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.
Chaplin mengemukakan bahwa anggota kelompok itu tidak perlu adanya interaksi secara langsung yaitu secara face to face .Menurut Shaw,ciri yang dipunyai oleh setiap kelompok  yaitu anggotanya saling berinteraksi  satu sama lain dan saling mempengaruhi.
Berkumpul karena adanya kepentingan yang sama,yang sifatnya hanya sementara dan pada mereka tidak adanya stuktur tertentu disebut sebagai suatu massa (mass) atau crowd atau kata lain disebut kelompok yang tidak berstuktur.
Pengertian kelompok berdasarkan dasar tujuan adalah dekat dengan definisi atas pandangan motivasi.Hill menyatakan bahwa kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain melalui interaksi.
Kelompok itu ciri yang tidak dapat dilepaskan adalah adanya interaksi antara anggota satu dengan anggota yang lain terdiri dari dua orang.Kelompok sosial telah adanya stuktur tertentu,sedangkan pada massa tidak terdapat adanya stuktur.Jadi kelompok sosial cirinya telah mempunyai stuktur tertentu.

2.      Jenis dan bentuk kelompok
Sheriff melihat perbedaan antara kelompok social dengan masa pada segi stuktur .Menurut Shaw kelompok keci adalah kelompok yang terdiri dari 20 orang atau kurang sedangkan kelompok yang terdiri dari 30 orang adalah kelompok besar.
Batas ukuran maksimum pada kelompok kecil tidaklah menjadi masalah yang serius ,karena sebagian besar penelitian berkaitan dengan kelompok yang terdiri dari 5 orang atau kurang
3.      Ciri ciri umum kelompok
menurut Forsyth Interaksi merupakan ciri suatu kelompok antara lain tujuan,stuktur dan groupness.
ü      Interaksi
Interaksi saling mempengaruhi individu satu dengan yang lain,yang dapat berlangsung secara fisik,nonverbal dan emosional.
ü      Tujuan
Bersiat instrinsik,contoh:rasa senang bersifat instrinsik yaitu mencapai sesuatu tidak dapat dicapai secara sendiri tetapi dicapai secara bersama sama.
ü      Stuktur
Peran dari masing masing anggota kelompok akan tergantung pada posisi ataupun kemampuan individu masing masing.Norma merupakan aturan yang mengatur prilaku anggota kelompok dan memberikan arah ataupun batasan dari prilaku anggota kelompok.Hubungan antar anggota dapat berdasarkan atas banyak factor contohnya otoritas dan attraction yang merupakan matarantai yang menghubungkan antara anggota satu dengan yang lainnya.
ü      Groupness
Kelompok merupakan satu kesatuan dari anggotanya,dalam menganalisis perilaku kelompok unit. Analisisnya adalah perilaku kelompok tersebut bukan perilaku individu.

4.      Terjadinya kelompok
Manusia sebagai makhluk religi mempunyai dorongan untuk mengadakan hubungan dengan kekuatan yang ada diluar dirinya hubungan tersebut bersifat vertical sedangkan manusia sebagai makhluk social mempunyai dorongan untuk mengadakan hubungan antar sesama manusia.Tujuan bersama kelompok didasari oleh profesi yang sama dan dapat dicapai dengan baik bila ada kerjasama diantara anggota kelompok
5.      Macam macam kelompok
a.       Kelompok primer mempunyai interaksi social yang cukup intensif,akrab,hubungan antara anggota satu dengan yang lainya cukup baik,contohnya keluarga kelompok belajar dan kelompok rukun tetangga
b.      Kelompok sekunder mempunyai interaksi kurang mendalam bila dibandingkan dengan kelompok primer.Hubungan anggota satu dengan yang lainnya kurang mendalam karena hubungan tersebut agak renggang, tidak seintensif seperti kelompok primer.Kedua kelompok ini dapat disamakan dengan gemeinschaft yang merupakan sifat kelompok yang sifat hubungannya berdasarkan atas kekeluargaan,bantu membantu,simpati,perasaan dan subjektif sedangkan gesseilschaft merupakan kelompok yang sifat hubungannya berdasarkan atas logis,rasional objektif,apa adanya dan tidak didasarkan atas perasaan

6.      Norma kelompok
Norma kelompok adalah pedoman yang mengatur perilaku atau perbuatan anggota kelompok karna norma berada dan berlaku dalam kelompok maka norma itu merupakan norma dari kelopmpok yang bersangkutan.Norma kelompok merupakan norma yang tidak tetap artinya norma kelompok tersebut dapat berubah sesuai dengan keadaan yang dihadapi oleh kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook comment